Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com

Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com - Hallo sobat blogger yang berbahagia Tips & Trik SEO, Posting yang saya unggah pada kali ini dengan judul Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel gammu, Artikel Internet, Artikel sms gateway, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com
link : Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com

Baca juga


Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com

Menyambung Part 1 sebelumnya mengenai installasi Gammu, mari kita lanjutkan dengan modifikasi file Gammurc dan Smsdrc, agar modem anda terhubung ke gammu.

MODIFIKASI FILE GAMMURC
1> Silahkan masuk ke dalam Local Disk(C:)>Program Files>Gammu>share>doc>gammu>examples>config











2> Copy kedua file diatas yakni gammurc dan smsdrc ke dalam Local Disk(C:)>Program files>Gammu>bin. Timpa saja file yang lama , dan terkadang untuk win 7 akan muncul  Wizard Destination Folder Access Denied, tekan saja Continue.







3> Kemudian buka gammurc dengan aplikasi seperti notepad ++ (anda bisa dapatkan programnya https://notepad-plus-plus.org/)













4> Perhatikan baris code berikut:

9          [gammu]
10  
11        device = com8:
12        connection = irdaphonet
13        ; Do not use model configuration unless you really need it
14        ;model = 6110
15        ;synchronizetime = yes
16        ;logfile = gammulog
17        ;logformat = textall
18        ;use_locking = yes
19        ;gammuloc = locfile
20        ;startinfo = yes
21        ;gammucoding = utf8
22        ;usephonedb = yes

silahkan dimodif untuk baris 11 dan 12. Baris 11 sesuai port dimana modem anda diinstal silahkan cek postingan saya perihal install modem wavecom kembali. Dan untuk baris 12 connection = untuk modem wavecom menggunakan at115200 (jgn lupa konfigurasi ini disesuaikan juga di konfigurasi modem, cek postingan awal)

contoh hasilnya:
11        device = com9:
12        connection = at115200

 5> Jika menggunakan 2 modem atau lebih khusus pada bagian #[gammu 1] , tanda pagarnya dihilangkan saja semuanya dan diisi konfigurasinya sama seperti modem 1 tapi yg membedakan adalah portnya.

Atau konfigurasi bisa disederhanakan dengan menghapus semua baris kode diatas yg tidak dimodifikasi, sehingga cukup menjadi seperti ini saja (menggunakan 3 modem):












IDENTIFIKASI GAMMU
Setelah berhasil mengikuti langkah diatas, selanjutnya sobat mulai mengidentifikasi gammu sobat untuk mengetahui apakah langkah diatas telah berhasil dilakukan.
1> Tekan start lalu pilih command prompt , atau tekan run dan isi dengan cmd










2> Dan secara default anda sudah berada pada folder "alexsander hendra w" seperti tampak pada gambar berikut:









3>Silahan ketik "cd .. " tanpa tanda petik pada command prompt utk mengarahkan pada folder atau drive C:










perintah "cd .." digunakan untuk berpindah directori dari sub folder ke folder diatasnya, sehingga sampai pada directory drive c:/. Dan kebalikannya untuk mengakses folder didalam drive C:/ maka digunakan perintah  cd namafolder (seperti pada langkah no 4. berikut ini)

4> Setelah anda berada pada directory C:/ maka silahkan akses ke folder program files dengan cara mengetik: "cd program files"









5> Kemudian masuk ke dalam subfolder gammu, dengan mengetik "cd gammu\bin" lalu tekan enter.










6> Kemudian ketik "gammu identify" dan tekan enter, tunggu hingga proses selesai.










7> Pada bagian tersebut muncul informasi modem anda, yang artinya antara gammu dan modem anda telah terkoneksi dengan baik, dan instalasi telah berhasil. Selanjutnya adalah mengirimkan sms , dapat menggunakan command prompt , atau agar lebih mudah dan user friendly maka menggunakan software pihak ketiga yakni "kalkun"

CARA MENGIRIMKAN SMS DENGAN GAMMU
1. Perintahnya : gammu -c smsdrc sendsms TEXT [no telp tujuan] kemudian tekan enter
kemudian muncul "Enter the message text and press Ctrl+Z:"










2. Dibawah tulisan " Enter the message text and press Ctrl+Z:" , masukkan pesan yang ingin anda kirimkan , usahakan panjangnya 153 karakter, kemudian diakhiri dengan Ctrl+Z, tunggu sampai pesan terkirim sampai muncul tulisan sending sms 1/1 .....ok.





Cara diatas masih sulit utk mengirimkan sms, oleh sebab itu kita membutuhkan software tambahan "kalkun" utk memudahkan mengirimkan sms. cek postingan selanjutnya ya.


Demikianlah Artikel Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com

Sekianlah artikel Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com dengan alamat link https://seosangatmudah.blogspot.com/2016/03/informasi-tambahan-menginstall-gammu.html

0 Response to " Informasi Tambahan : Menginstall Gammu Pada PC anda untuk membangun Server SMS Gateway [Part 2], seosangatmudah.blogspot.com "

Post a Comment